Terry Sie
Global Moderator


Jumlah posting: 6938
Umur: 18
Lokasi: Prime Minister Office / Highest Spiritual Leader Palace
Zodiac Sign: Capricorn
Chinese Zodiac: Kuda
Registration date: 11.10.08
Foto di profile & deskripsi diri Gw itu cowok yg: Cowo ideal yg gw cari/suka:
|
Subyek: Pemberian Probiotik pada Awal Kehamilan Menurunkan Risiko Obesitas Pasca Melahirkan Tue Nov 03, 2009 10:41 am |
|
|
Pemberian probiotik sejak trimester awal kehamilan ternyata memberikan manfaat dalam mencegah peningkatan berat badan berlebih selama kehamilan dan pasca melahirkan. Demikianlah berita terbaru yang dinyatakan dalam the European Congress on Obesity.
Menurut para peneliti, pemberian suplemen probiotik Lactobacillus dan Bifidobacterium dapat mengurangi risiko obesitas sentral. Obesitas sentral didefinisikan sebagai nilai Indeks Masa Tubuh =30 atau lingkar lengan atas lebih dari 80 cm. Studi yang dilakukan oleh Universitas Turku, Finlandia ini bersifat independent, dengan penyandang dana oleh the Social Insurance Institution of Finland, the Academy of Finland and the Sigrid Juselius Foundation.
Studi melibatkan 256 wanita hamil trimester pertama yang dibagi menjadi 3 kelompok: 1. Kelompok yang mendapatkan pengarahan diet selama kehamilan plus kapsul probiotik 2. Kelompok yang mendapatkan pengarahan diet selama kehamilan plus kapsul pasebo 3. Kelompok yang yang hanya mendapatkan kapsul plasebo Suplemen probiotik/plasebo diberikan sampai 6 bulan pasca melahirkan.
Hasil menunjukkan bahwa pada akhir studi kelompok yang mendapatkan probiotik, jumlah wanita yang mengalami obesitas sentral 18 % lebih rendah dibandingkan kelompok plasebo dengan pengarahan diet, dan 15 % lebih rendah dibandingkan kelompok yang mendapatkan kapsul plasebo saja.
Sedangkan rata-rata persentase lemak tubuh pada kelompok probiotik lebih rendah dibandingkan yang mendapatkan plasebo.
Secara keseluruhan perbandingan persentase pasien yang mengalami sentral obesitas pada kelompok probiotik dibandingkan kelompok kontrol. (kelompok 2 & 3)
Kesimpulan dari studi ini menunjukkan bahwa pemberian probiotik sejak awal kehamilan dapat menurunkan risiko obesitas pasca melahirkan, tetapi studi lebih lanjut masih dibutuhkan terutama untuk menilai dampak pemberian probiotik ini terhadap janin yang dikandung.
_________________
Our web: 1. http://www.gayindoforum.com 2. http://gayindoforum.tk 3. http://gayindoforum.co.cc 4. http://www.gayindo.forumotion.net 5. http://gayindo.forumotion.com
|
|
y-holic
Moderator Kesehatan & Jabodetabek


Jumlah posting: 6525
Umur: 19
Lokasi: JaKseL
Zodiac Sign: Sagittarius
Chinese Zodiac: Ular
Registration date: 22.11.08
Foto di profile & deskripsi diri Gw itu cowok yg: Cowo ideal yg gw cari/suka:
|
Subyek: Re: Pemberian Probiotik pada Awal Kehamilan Menurunkan Risiko Obesitas Pasca Melahirkan Wed Nov 04, 2009 3:01 pm |
|
|
waaaaaaah...
info yg menarik niih...
tp tetep sih,, mengontrol makanan/diet yg tepat saat hamil jg udah bgz kok untuk mencegah DM Gestasional & obesitas,,,
tp kalo d tambah suplemen laen mungkin lebih baik lg tuh hasilna...
^^
_________________
|
|
Terry Sie
Global Moderator


Jumlah posting: 6938
Umur: 18
Lokasi: Prime Minister Office / Highest Spiritual Leader Palace
Zodiac Sign: Capricorn
Chinese Zodiac: Kuda
Registration date: 11.10.08
Foto di profile & deskripsi diri Gw itu cowok yg: Cowo ideal yg gw cari/suka:
|
|